Love Earth, Save The Energy

Sabtu, 27 Juli 2013

Curhat

curhat ya, iya curhat aja.
setelah tadi deg-deg an karena nggak bisa log-in alhamdulillah sekarang udah bisa ngetik postingan :')
hampir sejam ngutak-atik blogger, gmail dan yahoo akarena karenaaaaaa saking lamanya nggak update blog jadi lupa alamat email dan paswordnya ya tuhan subhanallah banget. hmmmm alhamdulillah sekarang udah normal (yay! :D)

sebenernya sedikit sih yang pengen diceritain, uneg-uneg aja ganjalan hati aja mengusik pikiran terus aja kalo nggak diceritain. ah "aja" nya banyak banget deh. yaudah gitu aja prolognya langsung masuk cerita ajayaaaa setuju? iyeee~

jadi gais awalnya gini, setelah dari jurusan saya itu yang pemegang rekor libur paling telat se UNDIP raya selesai UAS akhirnya liburan juga lah saya. bayangin aja temen-temen yang anak hukum, fisip udah pada liburan saya belum mulai UAS. yang tetangga teknik udah selesai UAS, di teknik lingkungan baru mulai UAS. gimana gais, mabok kan~

iya! akhirnya liburan tiba buat saya kira-kira 4 hari setelah UAS terakhir. HAHAHA 4 hari habis UAS kelar gais baru liburan karena masih harus nungguin dosen yang susah banget ditemuin, ditungguin berhari-hari buat dimintain tanda tangan ACC tubes. dan setelah tunggu menunggu yang terlanjur terjadi dan tak kunjung bersambut, akhirnya dapet kabar kalau akhirnya ACCan dilakukan awal semester 5 aja. gitu kata dosenya, Allahuakbar :')

nah terus, saya kepikiran deh buat langsung capcus ke kampung halaman, sementara bapak ibu dan adek belum liburan dan yang udah libur cuman saya sama kakak jadi terbersit dalam hati untuk kabur duluan ke Jogja hehehe. 

Dannnn yang paling pentingg, udah ngebet banget buat ke ArtJog udah rencana jauh-jauh hari sebelum UAS, waktu ambil invitation di Semarang artGal, bahkan sejak taun kemarin gagal dateng ke ArtJog '12. Pokoknya tahun ini harus! Hehe dan akhirnya berangkat beneran ke Jogjanya disertai 11 anak TL yang ngekor di belakang. Awalnya mau ngajak beberapa aja gidu eh yang mau banyak yaudah alhamdulillah jadi EO dadakan. EO sebatang kara yang mengatur acara H-malemnya sebelum berangkat :')


oke, alangsung cus ya itu ada Luthfy, Alan, Taufik, Dian cantik, Edo, Icha, Abon, Fina, Ulva, Diah dan Uta sama Juna yang ngefotoin. kita lagi nongkrong di nasi goreng sapi atau kambing gitu ya di depan SMA3 Jogja dalam rangka #pestarakyat merayakan ultah mastopik yang ke 20 karena pada besoknya mastop berulang tahun \:D/

setelah saya selesai makan (karena makanya paling lama) langsung ke Artjog deh gais seneng banget karena udah awalnya mau pada makan dulu aja gitu udah takut telat mana hari terakhir yak masa ganontong lagi :') yang salah ya yang makanya paling lama ya teteeeeeep. saya :')

sampe sana hehe, sampe deg-degan saking senengnya, begitu masuk gate, langsung deh terpesona sana sini dari mau ke pintu masuk liat carrousel nya papermoon puppet udah wow wow gitu ngeliatinya deg-degan makin menjadi jadi haha bergairraaaaah hahaha. ini aja kece banget yah mikirin kemarin nggak nonton teaternya, nyesel banget nak apadaya kumasih UAS kala itu 


ini muter gitu carrouselnya terus puppetnya gerak gerak, berkesinambungan gitu semacam perpetual motion lah satu gerak bikin lainya ikut gerak. 
agak mistis juga muka bonekanya haha tetep pengen ya ambil satu bawa pulang deh hehe

lagi, seperti biasa acara kayak gini emang pada banyak yang dateng hoeeeeem rame ngets gais yaudah sih hari terakhir juga ya, cari sepi siapa yang dapet. nah disini, udah mulai deh rasanya kayak ke alam lain hahaha misah akhirnya sama temen-temen jalan sendiri, ngeliatin karya satu-satu. alone in the crowd ceritanya dan disini lah cuhatan itu akan bermula. OKE GAIS JADI MAAF YANG PANJANG DI ATAS ITU CUMA INTRO HEHEHE

seneng, bisa liat karya orang orang, bikin termotivasi aja kapan bisa nampang di ArtJog ahahaha, nggambar dulu, nubes kemudian. atau ST dulu, baru nggambar kemudian? :p

mulai nih, karena keramaian yang begitu membahana bikin saya mikir dan ngarep ngarep gitu, biar sepian dikit jadi bisa bebas wira wiri haha. secara personal, paham sih acara kayak gini emang harus banyak yang apresiasi pastinya dan syukur kalo banyak yang dateng. basically, tiap saya dateng ke pameran seringnya berdua orang atau sendiri, itu juga akhirnya kalo berdua misah. 

yaudah disini saya tau tau udah misah aja sama temen-temen haha. nonton karya nya juga sendiri-sendiri. lagian kan punya dunia sendiri-sendiri, terus kenalan deh sama dunianya si artis terus temenan, biar kadang-kadang persepsi kita beda sama si pembuat karya itu. kayaknya sih manusiawi ya, pingin sendiri nonton suatu karya, memahami sampe puas, menyelami, berandai-andai dan mikirin dunianya sendiri. mikirin dunianya sendiri :) 

dunianya sendiri loh bukan dirinya sendiri. 
di dunia sendiri yang kita sendiri yang mikirin, kita bisa aja keliatanya berdiri ngeliatin, diem keliatan nggak ngapa-ngapain, tapi sebenernya kita lagi berenang, lagi mandi sambil keramas pake cat biar menyatu sama lukisanya atau karya yang sedang kita nikmati, suka suka kita. mencari kenikmatan, intim dengan suatu karya dan disitulah kita baru bisa mengapresiasi dan menghargai penciptanya. mulai nih gais... disini unek-unek saya berlanjut, tentang suatu ketidaknyamanan.

bayangan-bayangan dan buaian indah ketika saya sedang berdua tadi, seringkali diskip oleh sebuah kalimat, "permisi mbak bisa minggir, saya mau foto." atau bahkan tanpa babibu nyelonong di depan nggapake misa misi. oke failed. putus hubungan deh saya dengan khayalan. gampang ngambek pas kayak gini tuh, saya bisa jadi ilang mood buat ngelanjutin nonton. kalo satu dua orang aja gapapa, tapi ini teruuuuuusan. yaudah ngalah aja minggir aja nonton yang lain padahal belom puas :/

nggak masalah ya emang, mau foto sama karya, itu bebas. itu hak orang, toh artisnya sendiri tentunya nggak keberatan karyanya diapresiasi. tapi satu yang ketinggalan, etikanya nggak ada. 

mikirin diri sendiri itu tadi. belum lagi banyak orang yang sengaja banget nyentil-nyentil karya, penasaran rak ketang ngusep nganti ndemek tenanan. megang sisan. megaaaaaaaang! yaolo gedek berkali-kali bilang "mbak, jangan dipegang. mas ngga boleeh dipegang" terus diplengosin, diliatin mukanya gitu banget. mungkin pada nggatau. oke. tapi tapi tapi kan... :'( nggak di semarang nggak di jogja kok masih ada yang kayak gitu orang-orangnya.

saya nggak suka ngeganggu orang yang sedang berdunia sendiri, udah niatan dari awal dateng kesini mau menikmati. makanya saya juga nggak pingin diganggu.. menahan rasa pingin foto juga sih sama karya artis favorit, biar nggak mengganggu orang lain aja. itu lebih baik. toh saya juga bakal puas dengan mengintimi karya itu. cukup saya, karya, dan ketenangan.

all is yours

sampai pada puncaknya hati ini dibikin masygul oleh satu karya. saya nggak bisa nahan seneng waktu liat lukisanya mas Roby. Roby siapa lagi, Roby Dwi Antono lah hehe

di lorong inilah saya ketemu sama kelincinya mas Roby. maju maju dikit nontongnya 
biar nggak kesenggol orang lewat.

disini niih, konflik batin haha. pengen foto bareng! ohmy~
gimana ya gimana ya?  nggak tahan lagi, dan saya bilang saya mau sekali aja foto sama punya mas Roby ke temen saya si Edo. tapi karena rame, saya milih pergi.

dari ruangan-ruangan yang udah saya jelajahi, saya telanjangi satu satu, saya masih bisa menahan diri untuk cukup mengabadikan karyanya saja, tidak dengan sayanya juga. sampe tetep, labilnya nggak bisa ditahan, balik lagi jalan ke lorong ke tempat lukisanya mas Roby, saya minta difotoin. pffft.

karena di situ tetep rame, saya malu sebenernya ngeganggu orang yang lewat dan nonton. jadi karena kelabilan saya sudah memuncak, tetep saya tungguin di situ sampe sekiranya sepian dan saya bisa pose di depan karyanya mas roby. ihik. sekali satu ini aja punya mas Roby doang

nah ketika akhirnya tiba, dan saya udah di depan karya, serong dikit biar lukisanya kliatan, dan saya bisa foto. maka jadilah, SAYA FOTO :"))))))
tolonggggg! 



saya foto. sehati-hati mungkin liat sikon, secepat mungkin yang saya bisa biar nggak ngganggu orang. tapi.. sebegitu rempongnya saya, tetep aja ada yang nyeletuk, "bukanya merhatiin karya malah foto-foto."
WHAT?

for my tears fallin when I'm laughing. 
demi apah? demi tangaisanku waktu ketawa. awalnya nggak denger gais. dikasih tau sama temen saya yang ngefotoin itu. setelah saya bubaran dari sesi foto.
DEM.

oke. waktu dikasih tau gitu sih sedih males kesel marah nyentak nyentak si mas masnya itu yaahahahhaha nggak sampe marah juga sih itu lebay. tapi langsung kayak, "oh, saya nggak ubahnya seperti yang lain? enak aja!"

well, untuk pembelaan saya merasa saya punya banyak, saya merasa benar dan tidak seperti mereka mereka yang foto nggak tau tempat dan kesempatan. saat itu.
kemudian saya mikir, karena hampir nangis dalem hati pengen bilang ke mas masnya "aku cuma foto sekali ini, asal tau aja ya enak banget asal nge judge"

tapi, saya juga nggak bisa nyalahin mas-mas itu dong ya:)
bisa saja dia baru datang dan langsung disuguhi pemandangan saya yang lagi pose pose jablay langsung bikin dia eneg dan ilang moodnya hehe. atau munggkin juga timing saya yang belum benar benar tepat dan mengganggu kenyamananya.
dari situ, saya sendiri juga kembali pada anggapan pribadi mengenai orang lain yang saya temui. saya juga udah ngedjuge seenak hati saya karena merasa terganggu. mereka saya anggap salah, dan orang lain menganggap saya juga salah. lantas, siapa yang benar disini?

sebenarnya, dari dulu setahu saya suatu karya dalam media apapun tidak boleh diabadikan. coba saja masuk ke galeri affandi yang dekat. mana boleh berfoto di dalam ruang pamer. begitu juga di galeri besar lain, saya rasa sebagian besar menerapkan aturan yang sama. tujuanya untuk apa?:)

dan saya rasa semakin kesini terjadi pelunakan peraturan juga karena tuntutan masyarakat sendiri. banyak orang yang semakin mengapresiasi seni. tetapi seharusnya juga mereka belajar untuk menghargainya in appropriate ways. 

percakapan saya dengan seorang teman yang udah lebih dulu ke ArtJog:

A: "eh aku semalem akhirnya sempet dateng, tau nggak, mau beli tote bagnya, pengen banget, tapi ga bawa duit, malem terakhir pula. yaudah deh beli merch yang biasa dulu. itung-itung bisa nabung buat taun depan beli tote bag nya 300 ribu. mahal dikit nggapapa, beli karya kan itu. kamu beli apa kemaren?" *heboh*

B: "oh apaan? emang ada ya mbak? aku sih dateng cuma buat foto-foto."

nggak komentar ah hehe. saya juga cuma oh oh hehe aja denger jawabnya waktu itu.
jadi pengen tau, orang orang yang dateng buat menyaksikan karya seni itu tujuan sebenarnya apa sih?

hmmmm.. saya juga nggak suci.. saya pernah melakukan hal yang menurut saya malu maluin banget. saya pernah make gambar orang tanpa tau itu darimana dan punya siapa. shame on me. beruntung waktu itu langsung ada orang yang ngngetin saya sebelum terebar luas akibat kelakuan saya yang memalukan itu. terimakasih :)

kejadian seperti diatas  itu juga pasti banyak dilakukan sama orang, seperti tulisan yang saya pernah baca bahwa desainer itu sedang berada pada inti pola penipuan yang paling efisien dan paling merusak pada sejarah umat manusia. kacau sekacau-kacaunya dunia ini. saya juga nggak akan suka kalo karya-karya bikinan saya yang nggak seberapa itu di-aku-in, dipake sama orang tanpa bilang bilang.

gais balik ya ke soal foto-foto tadi, baiknya gimana dah. kalo sekalian aja itu peraturan dilarang foto dan pegang diberlakukan secara stricfine-fine aja kan, emang seharusnya gitu ya dan nggak merugikan orang lain juga kalo nggak bisa foto-foto kan. haha :p
alhamdulillah mau banget kalo akhirnya bisa foto bareng artis nya langsung tanpa harus ganggu orang lain :') ketemu mas Roby langsung, foto bareng, diagambarin juga boleh hehehe

tapi ya nggak gitu lah ya, foto boleh-boleh aja kok, tapi dengan catatan. jangan cuma asal foto. buat pamer ganti dp bbm dan lain lain. karena tujuan suatu karya dipamerkan kan bukan itu. jangan sampai, keasikan kita malah mengganggu kenyamanan orang lain. kan orang lain juga ingin menikmati. juga kalo mau foto, pahami isinya dulu, setidaknya, buat apa foto kalo sesungguhnya kamu nggak ngerti apa apa.

bukan bermaksud menggurui, menyelewengi menyalahi atau meng anu-anu yang lainya ya. seperti di awal sih saya bilang ini curhatan saya aja unek unek saya aja yang kalo nggak dikeluarin bikin pusing aja hahaha. mohon maaf kalo ada yang keslenting kejewer kejambak atau ketarik bulu hidungnya karena baca tulisan saya. peace and plambing salam gaul papi Genji untuk semuanya salam Sarjana Teknik salam kertas dan bolpen
kritik dan saran kalau berkernan silahkan dikirim ke Gmail.

Tidak ada komentar: